analisis website Sumatera utara dan Sumatera selatan

Ø Isi Textual Web

Sumatera Utara

Secara keseluruhan di dalam situs ini berisi semua informasi mengenai provinsi Sumatera Utara. Seperti profile sejarah, pemerintahan, potensi daerah, berita daerah, info umum dan lain-lain. Kesan pertama yang baik mengenai situs tersebut yaitu simpel, minimalis, lansung tertuju kepada informasi yang kita cari. Hal itu diidentifikasikan dengan pengguna yang berkunjung ke situs ini mengerti dimana mereka berada. Website ini terbagi atas 3 kolom. Kolom sebelah kiri berisi menu-menu seperti informasi pemerintahan, potensi daerah, info umum, dan berita daerah mingguan. Kolom pada bagian tengah menampilkan berita-berita terbaru yang terjadi seputar sumatera utara. Pada bagian bawah pada kolom ini menampilkan galeri seputar berita-berita tersebut. Kolom sebelah kanan berisi mengenai artikel.

Sumatera Selatan

Website ini juga berisi mengenai semua informasi mengenai provinsi Sumatera Selatan. Seperti profile sejarah sumatera selatan, pemerintahan, potensi daerah, berita daerah, info umum dan lain-lain. Menu-menu pada website ini lebih tertata rapih sehingga memudahkan user dalam mencari informasi. Website ini juga terbagi atas 3 kolom. Kolom bagian kiri berisi menu-menu mengenai informasi struktur pemerintahan provinsi, kota, dan juga kabupaten, serta terdapat menu mengenai informasi objek-objek wisata yang sudah terbagi-bagi.  Kolom bagian tengah berisi mengenai berita-berita yang terjadi di seputar Sumatera Selatan. Kolom bagian kanan berisi mengenai arikel berita, pengumuman, dan juga agenda dalam bentuk kalender yang disajikan.

 

 

 

 

 

Ø Desain Grafis

Sumatera Utara

 

Tampilan website Sumatera Utara terlihat simple, warna background yang digunakan pada website ini dominan berwarna putih. Header pada website ini menampilkan sekilas mengenai pariwisata sumatera selatan, yaitu danau toba dan baju daerah.
Pada bagian bawah header terdapat text selamat datang berupa text berjalan marquee. Rancangan web ini sudah memberikan konsep yang baik. Sesuai dengan tujuan untuk memberikan informasi seputar Sumatera Utara dan berita yang nyata. Semua komponen yang terdapat didalam web ini sudah cukup jelas bagi user karena menu yang disajikan sudah membuat para pembaca web ini dapat mengerti isi dari berita yang di sampaikan. Dengan tampilan halaman web tersebut, setiap user dapat mengakses menu apapun dan menu yang tidak berubah/konsisten. Setiap warna dari background selalu sama.

 

 

Sumatera Selatan

Tampilan website Sumatera Selatan tak jauh berbeda terlihat simple sehingga memudahkan user dalam menggunakan web tersebut. Mengenai konsep, rancangan, dan juga penggunaan menu, web ini tidak jauh berbeda dengan web sumatera Utara. Header pada web ini berbeda dengan web sebelumnya, karena menampilkan image flash kebudayaan daerah yang berubah-ubah. Penggunaan image flash juga terdapat pada bagian bawah web dengan menampilkan galeri-galeri mengenai tempat-tempat seperti kantor gubernur sumatera selatan, kantor walikota sumatera selatan, jembatan ampere, dan lain-lain. Dengan penggunaan image flash tersebut membuat web ini menjadi nilai lebih dibandingkan web sebelumnya.

 

Ø Navigasi

Sumatera Utara

Struktur navigasi pada website sumatera utara yang terletak di bagian header, terdapat Home, Hubungi Kami, Mail, dan Buku tamu. Menu ini terletak pada bagian header dan juga tidak menggunakan pull down menu.

Sumatera Selatan

Struktur navigasi pada website sumatera selatan pada Menu utama terdapat Home, Profil Sumsel, Ragam Info, Fasilitas Umum, Lain-lain, Galery, Buku Tamu, Mail, Forum, Sumatera online, Video, dan e-proc. Menu utama ini dapat langsung kita temukan karena berada di atas, atau berada pada header. Hal ini sangat mempermudah pengguna untuk mencari informasi yang ingin dipilih. Pada menu utama ini menggunakan pull down menu, ketika mouse di letakkan di atas pilihan menu yang ada.

 

Ø Struktur Navigasi

Sumatera Utara & Sumatera Selatan

Bentuk dasar dari struktur navigasi yang biasa digunakan dalam proses pembuatan aplikasi multimedia ada empat macam, yaitu struktur navigasi linier, hirarki, non linier dan campuran. Struktur navigasi yang kami lihat di dalam situs ini adalah struktur navigasi campuran (composite) merupakan gabungan dari struktur navigasi linier, hirarki, non linier dan disebut juga struktur navigasi bebas, maksudnya adalah jika suatu tampilan membutuhkan percabangan maka dibuat percabangan. Struktur ini paling banyak digunakan dalam pembuatan aplikasi multimedia.

 

Ø Link

Link merupakan salah satu fasilitas yang sangat terkait dengan efisiensi dan efektifitas pengguna apabila digunakan dengan tepat. Beberapa karakteristik utama link, yaitu :
Memiliki jenis atau karakter font yang berbeda. Sebagai default, link biasanya berwarna biru dengan garis bawah. Link akan melakukan perubahan ketika dimouseover.
Link yang telah dikunjungi akan berubah warna sehingga pengguna mengetahui informasi atau tugas apa saja yang sudah pernah dilakukan. Perbedaan dari kedua web ini terlihat dari masing-masing Link yang digunakan.

 

Sumatera Utara

Ketika dimouseover, link pada web ini hanya akan menambahkan garis bawah saja tetapi tidak berganti warna. Sedikit keunggulan dari web ini, link yang telah di klik/di kunjungi akan berubah warna sehingga pengguna mengetahui informasi yang sudah dilakukan.

Sumatera Selatan

Berbeda dengan web Sumatera Utara, link pada web ini akan berubah warna ketika dimouseover. Tetapi link yang telah di klik/dikunjungi tidak berganti warna.

 

Ø Potensi Daerah

Sumatera Utara

Pada web Sumatera Utara ini penjelasan potensi daerah ditampilkan pada masing-masing profil daerah kabupaten dan kota. Kami menilai, dengan cara memberikan informasi seperti ini cukup baik karena pengunjung bisa lebih mengetahui potensi di tiap-tiap  daerah kabupaten dan kota yang ada di Sumatera Utara.

Sumatera Selatan

Berbeda dengan web di atas, pada web ini tidak ditampilkan informasi mengenai potensi pada masing-masing daerahnya. Tetapi web ini menampilkan potensi secara menyeluruh untuk provinsi Sumatera Selatan ini dirangkum menjadi satu pada menu yang ada pada header. Tentu saja tidak adanya informasi mengenai potensi di masing-masing daerah menjadi kelemahan sendiri bagi web ini.

 

 

 

 

Ø Kecepatan Akses

Sumatera Utara

Kecepatan akses ketika kita mengunjungi website ini sangat baik. Jadi tidak perlu menunggu lama untuk kita melihat semua tampilan website ini muncul dengan sempurna. Begitu juga ketika kita mengunjungi link-link yang ada pada web ini.

 

 

Pengujian kecepatan akses dengan iwebtool.com

Sumatera Selatan

Tidak jauh berbeda dengan web Sumatera Utara, kecepatan akses ketika kita mengunjungi website ini juga sangat baik. Sedikit perbedaan kecepatan akses web Sumatera Selatan ini lebih baik dari web Sumatera Utara. Tidak perlu menunggu lama untuk kita melihat semua tampilan website ini muncul dengan sempurna. Begitu juga ketika kita mengunjungi link-link yang ada pada web ini.

 

 

Pengujian kecepatan akses dengan iwebtool.com

 

 

 

 

Ø Kesimpulan

Setelah kami menganalisis website Provinsi Sumatera Utara dan Sumatera Selatan didapat beberapa perbedaan dan juga menjadikan keunggulan dan kelemahan pada masing-masing website itu.

  • Secara tampilan, menurut kami website Sumatera Selatan lebih baik karena tampilan pada banner yang menggunakan image flash yang berganti-ganti menampilkan tempat, daerah wisata dan juga baju daerahnya yang tentu saja akan membuat pengunjung akan lebih tahu mengenai Provinsi Sumatera Selatan. Selain itu juga tata letak informasi-informasi dan juga penggunaan warna untuk web ini lebih baik dan lebih rapih.

Untuk tampilan web Sumatera Utara, ada beberapa hal yang kami rasa kurang cukup baik. Seperti penggunaan ukuran teks pada link dan isi-isi berita yang kecil, penggunaan beberapa warna yang tidak perlu, dan juga adanya riang kosong pada bagian bawah web yang tidak di manfaatkan.

  • Secara penyajian informasi, menurut kami website Sumatera Utara kali ini lebih baik di banding website Sumatera Selatan. Hal ini kami nilai dari penyajian informasi potensi pada tiap-tiap daerah yang ada pada web Sumatera Utara lebih lengkap.
  • Untuk kecepatan akses, kita lihat dari hasil perbandingan di atas, kedua website ini kami rasa sudah cukup baik karena kita yang mengunjungi kedua website ini tidak perlu menunggu lama untuk kita melihat semua tampilan website ini muncul dengan sempurna.

 

~ by chronika on November 6, 2010.

Leave a comment